Plan Your Holiday



Ga cuma pernikahan dan keuangan yang perlu perencanaan, kadang kala liburan pun memerlukan perencanaan yang matang. Perencanaan liburan sifatnya flexible tergantung tujuan liburan kita, apakah liburan lokal atau liburan ke luar negeri. Liburan lokal bisa direncanakan tiga atau enam bulan sedangkan liburan ke luar negeri biasa satu atau dua tahun sebelum keberangkatan tergantung seberapa besar uang yang mau disisihkan untuk dana liburan.

Liburan bukan lagi merupakan kebutuhan tersier tetapi menjadi kebutuhan sekunder di jaman sekarang. Contohnya saya, pegawai swasta yang membutuhkan refreshing setelah bekerja penuh selama tiga bulan.  Dulu pada saat kuliah jarang sekali memikirkan liburan tetapi setelah bekerja liburan sangat bermanfaat untuk me-recharge energi, menikmati keindahan alam, berinteraksi dengan masyarakat lokal, fotografi, dan paling penting dapat berkontribusi untuk memajukan pariwisata lokal. Mungkin lain lagi alasan mahasiswa atau pelajar, liburan bersama teman biasanya untuk bersenang-senang atau berpetualang.

Awal tahun merupakan awal yang tepat untuk merencanakan liburan kita. Ambil kalender dan lihat adakah tanggal merah di hari kamis atau jumat setiap bulannya, kita bisa memanfaatkan long weekend untuk waktu liburan. Misalnya Jumat adalah tanggal merah, kita bisa mengambil cuti hari Kamis sehingga liburan dimulai hari Kamis sampai Minggu. Lumayan empat hari dapat dimanfaatkan untuk pergi ke pantai atau melihat keindahan alam bawah laut. Rencana sudah ada, kita tinggal membuat itenerary untuk liburan dan mulailah menghitung ongkos pesawat, hotel, sewa alat snorkeling, sampai sewa mobil kalo memang diperlukan. Liburan bersama teman-teman akan membuat pengeluaran semakin kecil karena pengeluaran akan kita bagi bersama-sama. Empat sampai enam orang adalah jumlah ideal untuk liburan bersama teman. Itu adalah gambaran kalo kita mengatur liburan kita sendiri. Kalo ingin lebih simple, banyak sekali travel agent yang siap membantu untuk menyiapkan liburan kita, dimana bisa kita temukan travel agent dengan berbagai penawaran paket liburan ala backpacker atau flashpacker di jejaring sosial seperti Twitter atau Facebook. Pesan saya adalah baca komentar para peserta trip, apabila service mereka memuaskan, maka kita tidak perlu khawatir untuk mendaftar.

As personal, memiliki target untuk liburan sangatlah membantu dalam menyiapkan dana liburan. Misalnya target liburan tahun ini adalah 4B - Bali, Bintan, Belitung, dan Banda Aceh. Budget setiap trip bisa kita hitung untuk menyiapkan dana liburan. Dana liburan bisa disisihkan dari penghasilan setiap bulan. Besar kecilnya dana liburan setiap bulan tergantung itenerary liburan kita. Tidak ada salahnya menyiapkan dana liburan dari sekarang.

Sebagai bonus untuk teman-teman, saya melakukan survey kepada dua teman saya tentang holiday planning. Kenalkan Tatha dan Widhi – mereka adalah traveller sekaligus teman liburan saya. Tahun lalu kita travelling bersama ke Lombok di bulan Mei dan Bali di bulan Desember.

Tatha (@tatsqij)
Punyakah kalian rencana liburan setiap tahun?
Punya.

Kapan biasanya kalian liburan?
Memanfaatkan long weekend, atau minimal tiga bulan sekali.

Target liburan kalian setiap tahun?
No particular target tapi keputusan liburan kemana berikutnya mungkin akan menjadi pertimbangan, misalnya mau liburan ke luar negeri karena sudah dua tahun liburan domestik terus.

Perlukah membuat tabungan dana liburan?
Perlu. Tapi buat saya sendiri bukan penabung ulung, perencanaan liburan (misalnya: uang muka trip, tiket pesawat, dsb adalah bentuk tabungan liburan saya). :D

Tips untuk merencanakan liburan:
Travel Safe but brave! Rencanakan liburan kalian sedemikian rupa, minimal where to stay – bahkan liburan impulsive dan tanpa tujuan pun butuh rencana. Paling gampang adalah dengan menanyakan orang yang berpengalaman mengenai tempat tujuan.


Widhi (@acewidhi)
Punyakah kalian rencana liburan setiap tahun?
Punya.

Kapan biasanya kalian liburan?
Berhubung sudah memasuki usia layak kerja, maka rencana liburan disesuaikan dengan tanggal merah atau long weekend. Biasanya juga setahun memiliki plan 3 kali liburan di awal, tengah dan akhir tahun.

Target liburan kalian setiap tahun?
Sampai saat ini hanya liburan di dalam negeri saja. Untuk liburan ke luar negeri belum ada rencana, maklum ga ada yang ngajakin ke luar negeri. Kalo pergi sendiri masih ragu-ragu *cupu :p

Perlukah membuat tabungan dana liburan?
Absolutely YES! Karena travelling membutuhkan alokasi dana tersendiri.

Tips untuk merencanakan liburan:
  • Rencakan tujuan tempat berlibur, budget dan berapa lama ingin berlibur.
  • Sebagai pemula dalam travelling lebih baik pergi dengan orang yang sudah pengalaman dalam travelling.
  • Ketahui kelemahan anda, misal: kurang pandai bahasa asing, maka hindari tempat-tempat yang harus menggunakan bahasa asing dalam percakapan.
  • Ajaklah teman yang sudah akrab untuk melakukan travelling bersama demi segi kenyamanan.
  • Go Show Travelling kadang-kadang bagus juga dilakukan, lebih menantang karena kita belum tahu apa yang akan dilakukan di tempat tujuan.

Bagaimana sudah mendapatkan inspirasi liburan kalian? Pesan saya:

Plan your holiday NOW! We still have eleven months, don’t waste our time! Let’s visit and support local tourism as many as we can! Explore Indonesia! and Happy Holiday!


Comments

Popular posts from this blog

Up in The Air

Don’t come as a tourist when you’re in Bali! 

Should i travel to a new country or explore my own country?